Distribution Mix

Definisi Distribution Mix dan 5 Komponennya
A. Pengertian Distribution Mix
Distribution Mix adalah suatu penggabungan lima buah komponen yang merupakan dasar pembentuk biaya distribusi. Yaitu Komunikasi, Transportasi, fasilitas, persediaan, dan unitisasi yang keseluruhannya dijalankan secara berkesinambungan untuk mendukung kegiatan penyaluran barang dan jasa dari suatu perusahaan kepada retailer sehingga berjalan secara maksimal dan mencapai efisiensi baik dari segi waktu maupun biaya. Distribution Mix Merupakan bagian penting dari bauran pemasaran, memastikan bahwa produk yang benar sampai ke tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Distribution Mix akan memungkinkan Perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan dalam bisnisnya atau untuk perubahan eksternal yang mempengaruhi bisnis perusahaannya, seperti perubahan teknologi atau biaya transportasi meningkat.

B. Penjabaran Komponen Distribution Mix

a. Komunikasi
Komunikasi merupakan suatu kegiatan penyaluran informasi yang dilakukan antara satu pihak dengan pihak yang lain yang terlibat dalam proses penyaluran distribusi. Dimana terdapat banyak pihak yang terlibat dalam arus saluran distribusi, dan butuh biaya dalam prosesnya. Komunikasi membantu penghematan terutama dari segi waktu. Apabila komunikasi terhambat maka akan menimbulkan gangguan dalam distribusi, sehingga hambatannya harus diminimalkan dengan alat-alat yang mendukung. Komunikasi melibatkan bidang sistem pemrosesan pesanan, system penagihan, dan sistem perkiraan kebutuhan. Untuk itu diperlukan sejumlah biaya dalam pelaksanaannya.

b. Transportasi
Tranportasi dapat didefinisikan sebagai usaha mengangkut atau membawa barang dari produsen hingga ke retailer dalam ruang lingkup geografi dan melibatkan alat-alat, jaringan transportasi, pelayanan transportasi dan sistem transportasi lainnya. Dimana Perjalanan dilakukan melalui suatu lintasan tertentu yang menghubungkan asal dan tujuan, menggunakan alat angkut atau kendaraan dengan kecepatan tertentu. Aspek penting dari transportasi berkaitan dengan hal-hal seperti model transportasi yang akan digunakan, apakah akan membeli atau menyewa (leasing) kendaraan, bagaimana menyusun jadwal pengiriman, dan seberapa sering melakukan pengiriman

c. Fasilitas
Fasilitas merupakan segala sesuatu sarana dan perlengkapan yang tersedia untuk memudahkan suatu kegiatan ataupun pekerjaan yang sedang dilaksanakan sesorang. Fasilitas yang dipilih sangat mempengaruhi hasil akhir logistik. Fasilitas meliputi : pabrik, gudang, toko-toko pengecer. Seleksi terhadap alternatif lokasi dapat memberikan keunggulan kompetitif. Keputusan tentang fasilitas berkaitan dengan persoalan seberapa banyak gudang dan pabrik yang harus didirikan dan dimana gudang tersebut harus ditempatkan.

d. Persediaan
Komponen persediaan merupakan hal penting dalam proses distribusi. Persediaan adalah pasokan sejumlah barang yang disimpan dan dipelihara sebelum akan disalurkan ataupun dipasarkan ke lapangan. Program persediaan harus diusahakan sehat, maka perlu menjadi perhatian Kualitas, mutu kebiasaan pemakai, Kualitas produk yang dihasilkan perusahaan, Pemilihan transportasi, serta Persiapan dana untuk persediaan. Persediaan memerlukan sejumlah keputusan seperti seberapa banyak persediaan yang harus disimpan, dimana disimpan, dan seberapa besar pesanan yang harus dilakukan adalah hal-hal yang penting.

e. Unitisasi
Unitisasi merupakan suatu Cara untuk mengefisiensi biaya distribusi, dimana hal ini dilakukan dengan cara suatu produk akan dikemas dan kemudian diakumulasikan kedalam unit yang lebih besar (misal: peti kemas, satu beban palet). Dimana kegiatan unitisasi ini dapat berpengaruh pada keekonomisan distribusi. Kegiatan penghimpunan kemasan barang ataupun yang biasa disebut dengan unitisasi ini dapat mempermudah penanganan pengangkutan barang ke alat transport untuk didistribusikan, menjaga keamanan barang serta jaminan akan keuntuhan barang yang dikirim tetap terjamin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: